Skip to main content

Tidak Sebatas Tiga Minggu Saja

Disini aku mau cerita sedikit tentang perjuanganku sebelum akhirnya aku mendapat tanda lulus SBMPTN 2017 oleh Dikti. Ya, mungkin kalian mengira aku sombong atau songong, ya, baru lolos aja udah buat beginian. Terserah kalian, seh, tapi aku tetep mau berbagi cerita pahit getirnya perjuangan. 

Untuk teman-temanku, sahabat-sahabatku pasti mengerti bagaimana gigihnya aku belajar saintek dan menggambar, bagaimana di hari-hari, minggu-minggu terakhir pengumuman mereka selalu mendengar keluh kesahku, curhatanku, pesimisku tentang SBMPTN ini, dan viola! semua berakhir manis di detik pertama aku membuka pengumuman SBMPTN. 

Aku sekolah di Jombang dan mondok juga di sana. Ini cerita setahun yang lalu, awal kelas 3 SMA dimulai. Aku yang awalnya masuk IPA, tapi murtad pindah ke jurusan IPS. Aku mulai galau tuh saat itu, karena aku berkeinginan melanjutkan studi di ITS jurusan Desain, terserah Desain Interior atau Desain Produk, pokoknya Desain. Aku sudah bertekad, kuliah aku gak mau ngambil jurusan biasa, aku harus ngambil jurusan yang menyangkut tentang seni menggambar. Awalnya sih pingin ngambil ITS, tetapi setelah searching universitas lain, Aku nemu jurusan desain di UNS, ITB, UM, dan UNESA dan akhirnya aku menjatuhkan pilihan di UNS. Niatnya sih aku daftar UNS buat SNMPTN dan ternyata setelah dilanjutkan dengan diskusi dengan orang tua ngambil kuliahnya harus di Jawa Timur dan gak boleh di Malang. Oke, berarti pilihan cuma ada di Surabaya. Ya akhirnya, aku memperjuangkan kembali ITS yang pernah aku impikan ketika kelas 2 dulu.

Ketika itu, awal masuk kelas 3 aku sudah menenteng buku SBMPTN Saintek yang bener-bener memenuhi isi tas ketika temen-temen sekelasku masih baru atau belum membeli buku SBMPTN bahkan UN. Pertama aku buka materi sainteknya, aku cuma diem, bingung, tambah galau malahan, mulai meragukan diri sendiri. Apa aku salah ya ngambil jurusan saintek, ngeliatnya aja udah puyeng. Aku berusaha membaca tetapi tetep gak ngerti, ya udah aku belajar TPA dulu. Semester satu aku mulai membagi waktu belajar antar UN, SBMPTN sama untuk tes menggambar. Waktu itu hatiku selalu bimbang, sekali pun yakin pasti bimbang lagi. Aku selalu mikir ini berhasil gak ya, cuma ITS pilihan terbaikku dan harus saintek tesnya, kalo soshum sih bisa tapi aku harus ngambil jurusan selain desain dan aku gak mau itu. Selalu kayak gitu. Bahkan pernah saking stressnya, pernah lah nangis di kelas. Setelah aku pikir-pikir ya, kalo cuma dipikir doang, peluangnya gimana, belajarnya gimana, itu gak cukup malah bikin stress, aku mulai banyakin intensitas berdoa, ibadah sunnah, puasa sunnah juga, berusah memperbaiki akhlaq dan hati juga. 

Liburan semester, aku memutuskan buat les privat saintek di rumah. Aku bener-bener mulai dari awal belajar Fisika, Kimia, Biologi cuma buat tes SBMPTN yang cuma beberapa jam doang. Ya walaupun kadang gak ngerti, harus berusaha ngerti lah hehe. Liburan semester yang terakhir aku habiskan di rumah, ketika teman-temanku lagi berlibur kesana lah, kesini lah, aku cuma diem di rumah, belajar, sekalipun jalan-jalan ya sekitar kota aja. 

Setelah selesai liburan, aku semakin memantapkan hati untuk masuk ITS. Ketika penjaringan peserta SNM di sekolah, aku lolos waktu itu. Bingung lagi nih, aku bisa ngambil jurusan yang gampang lolosnya di SNM tapi di deket rumah dan ngambil jurusan yang tinggi sekalian biar gak lolos SNM biar bisa ikut SBM. Aku akhirnya ngambil pilihan kedua, walaupun jurusannya gak tinggi-tinggi banget tapi termasuk susah juga sih, Aku ngambil UNAIR Psikologi dan Ekonomi Islam. Aku gak berharap lolos sih, tapi kalo memang itu jalanku insyaallah aku nerima. Kala itu, aku satu-satunya anak di ips atau mungkin di sekolah yang berharap gak lolos SNM, malah pengen SBM.

 Setelah itu aku lanjut lagi belajar buat SBM. Semakin deket ke UN, tambah bingung buat bagi waktu antara belajar UN sama SBM, bahkan aku mulai jarang gambar lagi. Biasanya sih aku pagi itu aku harus belajar buat SBM, terus di sekolah belajar buat UN sama nyambi-nyambil belajar SBM, terus malem UN atau SBM. Aku sampe buat jadwal belajar dua kali biar belajarku imbang antar kedua itu. 

Sepuluh hari sebelum UN, aku bener-bener fokus dan melupakan SBM sejenak. Aku mikirnya sih, ini terakhir banget belajar rumpun IPS, habis ini harus move on ke rumpun IPA. Setelah UN, aku kembali ke rumah, aku gak belajar buat SBM dulu, sekali pun belajar aku belajar TPA atau gambar aja sambil menunggu tanggal 26 April, pengumuman SNMPTN. Dan jeng jeng jeng, aku gagal seleksi undangan. Sempet kecewa sedikit, tapi aku malah bersyukur jadi aku bisa ikut SBM dan ngerjar cita-citaku di situ. Ketika yang lain pada kecewa gak lolos SNM, sampe nangis juga, aku malah bingung milih antara soshum atau saintek. Bingung lagi deh. Hatiku goyah lagi buat ngambil SBM Saintek. Siapa juga yang gak goyah, bahkan untuk anak IPA yang tiga tahun belajar IPA, kadang masih susah, bingung ngerjain soal saintek, apalagi aku yang IPS baru kenal sama pelajaran IPA setengah tahun yang lalu. Aku coba ngomong ke orang tua, aku mau ngambil soshum tapi di UNS dan ternyata emang gak dibolehin, Ya udah deh, berusaha buletin tekad lagi buat ngambil saintek, walaupun sempet gak dibolehin, sempet ditentang sama orangtua, kok anak IPS ngambil tes jurusan IPA, sempet meragukan aku juga seh, tapi setelah aku meyakinkan akhirnya dibolehin juga. 
Eh, aku malah sempet disuruh ngambil IPC, aduh tambah gila aku, saintek aja belum bisa disuruh belajar IPC. Dengan hati yang masih terombang-ambing tapi tetep berusaha memantapkan hati aku menyelesaikan finalisasi pendaftaran SBMPTN. 

Awalnya dulu aku itu mau les di Surabaya, les di bimbel sama les gambar juga, Aku sudah komunikasi sama temenku yang mau les juga di Surabaya, bahkan aku sudah bayar pendaftaran bimbel. Setelah biaya pendaftaran bimbel gambar di Surabaya itu keluar, aku kaget soalnya biayanya 4 juta-an. Mahal banget. Aku mikir mikir lagi deh, kalo misalnya aku les saintek di surabaya aku gak bakal paham soalnya bukan privat, terus kalo les gambar insyaallah aku bisa belajar sendiri dan setelah menghitung-hitung biaya jauh lebih murah les di rumah, ya udah gagal deh les di Surabaya, hangus juga uang pendaftarannya. 

Waktu panas-panasnya gak dibolehin ngambil saintek, aku yang udah mulai semangat belajar, kandas hari itu juga. Buka buku aja udah males banget rasanya dan beberapa hari kemudian, aku akhirnya dibolehin ngambil saintek. Yuhu! Kok yuhu? Harusnya malah sumpek ya? Gak papa seh, namanya juga memperjuangan mimpi. 


Setelah itu aku mulai privat di rumah, tiap pagi sama malem. Aku liatin IGnya @masukkampus yang lagi gencar-gencarnya ngasih motivasi atau tips-tips gitu buat yang mau SBM, kadang ada live dari mahasiswa nya juga, jadi bisa tau gambaran perkuliahan gimana. Terus aku dapet tuh dari ig nya itu juga deh kayaknya, cara memanage waktu buat belajar SBMPTN. Ya udah, habis itu aku langsung buat jadwal belajar. 


Jam 8-10 : Les Saintek

Jam 10-12 : Belajar TPA 
Jam 12-1 : Istirahat
Jam 1-3 : Matematika TPA sama Numerika 
Jam 3-5 : Latihan gambar
Jam 5-6 : Istirahat 
Jam 6-8 : Les Saintek
Jam 8-10 : Saintek
Jam 10-1 : Gambar 

Gitu aja sih, karena aku gak les, jadi aku harus pinter-pinter mengatur waktu. Itu jadwal formalnya, kadang ya gak sesuai itu, kadang masih males, keasikan maen hp tapi di depan udah ada buku. Setiap hari dari tanggal 28 April sampai 14 Mei aku ngurung diri di kamar, belajar dan belajar. Ibadahnya jangan lupa deh. Semakin sibuk belajar tiap harinya, bikin aku gak memperhatikan pola makan dan kesehatanku lagi hingga akhirnya di pertengahan perjuangan aku masuk rumah sakit karena dehidrasi, ya memang sih sudah tiga hari aku diare apalagi tidur mesti malem dan bangun pasti pagi. Sempet gak mau awalnya, tapi akhirnya di infus setengah hari aja, udah gak betah di rumah sakit.


Sempet libur belajar juga sih dua hari buat Akhirusannah asrama, aku udah bingung tuh ninggalin dua hari buat acara itu. Akhirnya aku memutuskan cuma ikut acara pagi karena kalau ikut sampai malam, besok pagi gak mungkin les lah, pasti masih capek. Aku cuma ngikutin kegiatannya lewat sosial media aja. 


Ketika di asrama itu, aku sama teman-teman berbagi cerita. Ada yang udah bayar bimbel full tapi ternyata cuma ikut dua hari, ada yang gak les, gak belajar malahan, ada yang les di luar tapi sering jalan-jalan, ada juga yang gak betah jadinya belajar sendiri padahal udah bimbel. Banyak cerita ya. Aku sempat mikir, apa cuma aku ya yang berjuang banget buat SBMPTN. Aku juga bersyukur banget, memilih jalan belajar privat di rumah, padahal dulu sempet pengen les ini itu. Sempet down sih, mikir ngapain aku berjuang banget, temenku nyantai aja kok. Cuma pemikiran belaka yang akhirnya tersingkirkan sama bayangan impianku lagi. 


Selama masa itu, aku juga berusaha membahagiakan hati orang tua, berbuat kebaikan juga. Kita kan gak tau ya perbuatan dan doa mana yang nantinya akan sampai ke Allah. Jadi ya intinya tuh kayak berusaha jadi orang baik sih, memperbaiki akhlaq, memperbaiki ibadah juga.


Tanggal 15 Mei, Aku berangkat ke Surabaya bawa rangkuman, buku gambar, sama buku panduan ujian keterampilan. Niat banget, ya. Pensil nyiapin berapa, ya? Banyak banget dah, dari HB, 2B, 4B, 8B. Kan sekalian ujian keterampilan juga. Malamnya aku sempetin buka IGnya @masukkampus buat liat live streamingnya tentang cara pengerjaan SBMPTN yang bener.


Tipsnya itu (gabungan tipsku sama @masukkampus)

Kalo TPA itu pertama ngerjain bahasa dulu, terus yang TPA lainnya tuh pokoknya yang terakhir matematika. Kalo Saintek sih, aku ngerjain sesuai target, kalo ada yang bisa tak kerjain juga.

Pokoknya SBMPTN itu harus mateng strategi, ya. Buat target passing grade mu, 5% di atas PG jurusan yang kamu pilih. Aku sih target 33% aja, jadi aku banyakin di TPA. Banyakin target soal di materi yang paling kamu kuasai. Kalo aku figural, matematika sama numerikal sih. Kalo saintek, banyakin target soal juga di materi yang paling dikuasai. Aku targetin itu Mat 2 soal, Fisika 4 soal, Bio 3 soal, Kimia 4 soal. SBMPTN itu gak mengharuskan belajar semuanya kok, belajar materi yang pasti keluar, pelajari polanya tiap tahun gimana, ambil materi yang banyak keluar dan bisa kamu pelajari. Gitu aja sih. Banyakin ikut TO juga sih.


Jujur aja nih, aku bahasa belajar cuma berapa soal doang karena di waktu sependek itu aku pikir males banget buat mikir bahasa, ya udah deh aku targetin cuma jawab 3 di bin, 3 di big. Itu aku jawab di awal.


Besoknya, aku tes. 16 Mei 2017. Hari besar buatku. Selama perjalanan, aku cuma berusaha menghafal materi yang baru aku kuasai 3 minggu itu, Aku sendirian, gak ada teman. Ada sih kenalan, tapi beda gedung dan kita gak bertemu akhirnya. Aku ngeliat di grup IPS, minta semangat ke mereka, karena aku tes duluan, Saintek paginya, terus TPA. Bener-bener gila, ya anak IPS ngambil saintek. Pertama ngedapetin soal seh, rasanya kudu buka catatan. Aku berusaha mengingat semua materi. Aku gupuh banget waktu itu. Pertama ngerjain biologi, udah belajar kok gak ada yang keluar, terus Kimia, kimia ngerti caranya, tapi gak ketemu jawabannya, Fisika ngerti soalnya tapi bingung ngerjainnya, dan matematika udah capek-capek ngitung akhirnya tidak ketemu. Hanya 2 atau 3 soal yang aku jawab bener-bener yakin, yang lainnya ngambang. Fisika pake logika, Bio juga, Kimi pake segala rumus yang aku inget dan matematika aku pak-pak-tung. Sebenernya udah dipelajari, tapi rasanya blank gitu aja kalo udah ketemu soal. Habis itu TPA, Alhamdulillah banget gak ada soal sinonim antonim karena takut banget soal itu. Aku banyakin di situ, Seingatku Figural aku isi semua, Mat 8 soal sama Bahasa 6 soal aja. Bener-bener meras otak buat 210 menit yang berharga.


Setelah itu malamnya, aku ke ITS buat liat daftar yang ikut tes. Aku masuk gedungnya Despro ITS, Rasanya itu ya Allah, tempat impian banget lah. Di sana ada mahasiswa juga, haduh pokoknya rasanya itu aku jadi pengen banget jadi bagian dari mereka, jadi mahasiswa disitu. Lumayan memotivasi lah.


Besoknya, 17 Mei 2017. Ujian keterampilan gak kalah menakutkan dengan ujian tulisnya. Aku pernah dibilangi juga, ujian keterampilan itu lebih berpengaruh mangkannya takut banget waktu itu. Sampe di sana, udah banyak banget orang. Berasa aku yang paling rempong, bawa alas gambar, bawa buku gambar buat portofolio sih katanya. Gak papa, lah. Terus registrasi, nunggu di atas, di luar buat masuk ke ruangan ujian gambar. Ndredeg banget itu. Soalnya kan disuruh gambar suasana, sedangkan aku kurang suka gambar suasana, tapi udah latihan sih. Selama nunggu itu, doa apa aja aku ucapkan. Karena cuma itu yang bikin aku tenang. Gak lupa, minta doa ke temen-temen IPS.


Selama tes, aku berusaha menerapkan segala tips yang aku baca di internet. Pokoknya itu gambar suasana itu harus memenuhi poin yang ada di soal, ini wajib. Minimal di gambarmu ada 10 orang. Harus ada interaksi antar orang. Buat cerita yang out of the box tapi masih sesuai tema. Jangan sampe ada space yang kosong, kalo bisa kelihatan penuh semuanya, jangan penuh di kiri doang. Boleh juga ditambah arsiran, tapi gak boleh di gosok. Sebagai patokan waktu sih liat ke peserta di sebelahmu. Gimana perkembangan gambaran mereka.


Setelah itu, menunggu di bawah buat antri wawancara. Saat itu, jam 10an kayaknya. Surabaya sudah panas sekali, walaupun sudah disediain tenda tetep aja aku dapet yang belakang dan kena panas. Buruknya pas aku liat di daftar hadir, aku termasuk nomor urut paling akhir. Semakin banyak yang sudah maju, aku akhirnya maju juga dapet tenda. Dan kebetulan banget, penguji di ruanganku itu lama banget jadi ketika kelompok lain udah ada yg selesai, aku masih menunggu sampe bosen mau ngapain. Akhirnya aku ke ruang ujian dengan peserta yang tersisa, dan akhirnya aku masuk juga. Wawancaranya lucu seh, ditanyai fungsi bolpoin itu apa, disuruh sebutin dari yang paling wajar sampe paling aneh. Kadang sampe sekarang masih kepikiran mau jawab apa lagi ya. Nunggunya 2 jam lebih, wawancara 15 menitan paling.


Setelah rangkaian tes selesai, aku yakin aja sih bakal keterima dan semakin lama rasa yakin itu mulai pupus, dan aku pesimis lagi. Mulai memasuki bulan ramadhan, setiap hari tahajjud, aku pernah dibilangi sih univ sama jurusan yang kamu inginkan itu dikirimi alfatihah setiap hari. Aku sudah ngelakuin itu dari setengah tahun lalu sepertinya. Tapi akhir-akhir itu aku mintanya jurusan Desain Interior, sebelumnya sama DKV juga.


Hari pengumuman hampir tiba, teman-temanku banyak yang mengeluh sudah ndredeg banget, dan saat itu aku ngerasa aku bener-bener biasa aja, gak ndredeg sama sekali, gak takut samasekali.


Hari pengumuman tiba, aku mulai resah. Karena aku bangun pagi, aku berniat tidur di siangnya tapi ternyata gak bisa tidur samasekali karena saking resahnya. Teman-temanku sudah pada deg-deg an, takut. Aku juga ikutan gitu. Menit rasanya berjalan cepet banget, hingga akhirnya detiknya udah jadi 00. Aku deg-deg an bukan main itu. Server mulai error. Aku gak berani buka, hingga akhirnya aku memutuskan boker dulu sekalian menenangkan hati dan jiwa. Aku berusaha posthink, kalau gak dapet SBMPTN, masih ada mandiri, kuliah di UNEJ juga enak, kok. Berusaha menghibur diri sendiri seh. Emang sih SBMPTN ini menurutku jalan terakhir masuk ITS karena mandirinya ITS mahal banget, gak tau bakalan ngambil apa enggak kalo gagal SBMPTN. Setelah keluar dari kamar mandi, aku ngambil HP lagi. Aku buka link mirrornya, beberapa kali gagal akhirnya bisa di linknya UGM, Aku menunggu kabar dari teman-teman dulu. Ada satu yang lolos, dua, lalu tiga. Hatiku semakin mantap buat buka. Aku dengan gemetarnya itu ngetik nomer pendaftaran, tanggal lahir, captcha nya juga. Habis mencet mencari, langsung aku palingkan HPku dan aku intip dikit ternyata KABAR BAIK. Seketika aku teriak, lari ke ibuku aku lolos di pilihan pertama bahkan, Desain Produk. Gak percaya banget, bahkan sampe sekarang masih gak percaya. Sebenernya agak kecewa sih, pinginnya masuk Desain Interior, tapi gak papa lah. Ini jalan terbaik yang dipilihkan Allah buat aku, aku yakin itu.


Beberapa hari sih, aku baru inget, sebelum pengumuman aku sempat mimpi di sore hari kalau aku lolos di Despro ITS dan ternyata kenyataan. Padahal biasanya kan mimpi di sore hari itu bukan dari Allah dan aku kurang percaya sama mimpi gitu. Alhamdulillah. Perjuanganku  gak sebatas tingga minggu sebelum SBM aja sih sebenernya, bahkan sudah dua tahun sebelumnya untuk mempersiapkan mental untuk menghadapi segala resiko belajar pelajaran yang gak pernah aku sentuh sama sekali padahal.


Alhamdulillah ya Allah, Terima Kasih.




Comments

Popular posts from this blog

Thanks to you

Thanks to you, My ex-boyfriend. Hi, long time no see. Long time no hear your voice. Long time no communication after you broke up our relationship. Dulu aku tidak pernah menyangka, jika seseorang yang kutemui pertamakali (pertemuan yang pertamakali kusadari) di Lab. Biologi satu tahun yang lalu, akan menjadi orang yang sangat berarti dalam hidupku. Sejak aku pertama menyukaimu. Sejak aku pertama berkenalan denganmu. Sejak kau pertama memutuskan aku. Kejadian-kejadian yang kulalui bersamamu sangatlah berharga sejak awal kita bertemu. Kau memberikanku arti bagaimana mencintai seseorang? Bagaimana rasanya disakiti oleh seseorang yang kita sayang? Bagaimana rasnaya menyanyangi seseorang? Bagaimana rasa ditinggalkan seseorang? Bagaimana rasanya dicintai oleh seseorang? Dan masih banyak lagi pelajaran kehidupan, terutama cinta yang kau ajarkan padaku tanpa kau sadari. Dan itu semua sangatlah berarti bagi kehidupanku selanjutnya. Thank you so much to you, My ex-boyfriend. Lalu saat

11 - 11 - 2012

    Sehabis  kejadian yang aku nangis  itu aku sama temenku rame-rame ke bangku dibawah pepohonan yang sebelahnya tempat sampah (?) denah sekolahku pokonya gitu dah, terus online bareng pake wifi gratisan sekolah. Karena waktu itu COBRA (nama kelasku) lagi panas-panasnya gara-gara temenku yang muka tebal (baca : gak punya malu) itu buat masalah sama aku, jadinya isi statusnya pada meso semua ke anak-muka-tebal itu. Waktu lagi online bareng, aku ngeluarin kamera yang emang sengaja tak bawa, langsung aja tuh kamera dipenjem buat foto-fotoan. Nih hasil fotonya : Nih yang paling depan namanya Ray , yang cewek rambutnya pendek (kanan) itu Resi yang kerudungan itu aku dan cowok yang di sebelahku itu namanya Panca . :D Suasana sekolahku sepi, soalnya udah pada pulang semua, terus yang dipojok itu namanya Arum Hasil fotonya si Ray .

Renungan Setelah Maghrib

Suatu sore, setelah adzan maghrib, aku berbuka bersama temanku Kita membahas berbagai macam hal Hingga salahsatu temanku histeris bahwa pengumuman lolos screening LKMM TD keluar.  Diantara tiga orang yang ikut, hanya aku yang gagal Aku merasa senang sama sedih sekaligus Senang karena bebanku berkurang satu diantara bermacam kegiatan yang aku ambil Sedih karena merasa gagal, dan kurang kompeten aja Terus ada temanku yang aktif banget seh pas screening, dia gak lolos. Aku gak tau dari sudut pandang apa dinilai pas screening. Bagiku ini pembelajaran. Kegagalan. Gak papa.  Kemarin aku gagal lolos masuk tim Barunastra, sekarang LKMM TD.  Aku hanya yakin, setiap orang punya jatah sukses, jatah rezeki masing-masing.  Mungkin usahaku juga kurang atau ini memang bukan jalan yang baik bukan aku. Aku berpikir jatah rezeki orang itu beda-beda.  Allah itu bakal memberi takaran yang sesuai dengan rencananya dan usaha kita. Sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha.  Hasil itu All