Skip to main content

Plus and Minus

Mulai pertengahan tahun 2014 kemarin, aku benar-benar melakukan gebrakan besar dalam hidupku. Mengubah alur perjalanan hidup yang sudah kurencanakan. Hidup di asrama dan sekolah 220 km jauhnya dari rumah. Banyak banget, hobi dan kesukaaan yang mesti aku tinggalin, at least bukan ninggalin sih cuma mengurangi waktu buat ngelakuinnya.

Jadi sekarang aku mau bagi plus dan minus 'menurutku' hidup di asrama.

PLUS
Pertama. Seneng lah banyak teman. Banyak kenalan dari luar kotaku sendiri, bahkan aku punya teman dari ujung Pulau Jawa, ujung Indonesia. Banyak lah.

Kedua. Always Together. Kemana-mana bersama. Tidur bareng. Makan bareng. Galau bareng. Marah bareng. Bahagia bareng. Sudah kayak keluarga kedua aja soalnya memang asrama rumah kedua.

Ketiga. Pengalaman bejibun. Jujur di asrama ini, aku mendapat buaanyaaak banget pelajaran hidup yang pasti banget aku gak dapetin di rumah. Belajar menghargai orang. Belajar berbagi dan iklas. Belajar matematika *eh. Banyak banget yang aku gak ngerti bisa aku ngertiin di sana. Pelajaran hidup di asrama benar-benar luar biasa.

Keempat. Mandiri. Gimana gak mandiri, semuanya dilakuin sendiri. Gak ada orang tua.

Kelima. Lebih ceria. Memang sejak dari asrama, aku bisa lebih tersenyum. lebih banyak bicara. Kan memang sudah kebiasaan berinteraksi. Gak kayak dulu, tertutup, introvert, pendiam, gak mau berinteraksi. Dulu mah sahabatku hp sama laptop. Aku kekurangan teman dari SMP. My soul is not free. Tetapi di asrama, aku bisa ngelakuin apa yang aku mau. Gila, pasti! Rasanya jiwaku terbang bebas begitu aja. Memang tujuanku sih. Aku pingin berubah, mangkannya aku ambil keputusan besar ini.

Keenam. Tahu karakter orang. Aku di asrama hidup dengan orang banyak. Kita gak bisa melihat orang itu sama dengan kita. Every each people is different. Di sana aku selalu mengamati orang-orang, bagaimana karakternya. Lalu ketemu orang yang punya karakter serupa, aku sudah tahu bagaimana menghadapinya.

Ketujuh. Prestasi. Sejak di asrama, aku lebih menjadi orang dibutuhkan, berharga. Beberapakali aku mendapatkan pencapaian dalam setahun ini lah. Entah, padahal kegiatan sibuk luar biasa kok bisa berprestasi. Aku juga bingung.

MINUS

Pertama. Less time for my hobby. Ini menyanyat hatiku yang terdalam. Sakit banget. Mulai dulu tujuanku untuk sukses dari hobiku, tetapi seketika keadaan memaksaku untuk mengurangi waktu untuk itu. Melukis, menggambar, dan menulis. Menulis sih yang paling sakit. Less time banget. Aku jadi jarang nulis *walaupun sering ikut lomba. Banyak tulisanku yang terbengkalai. Di sana, bener-bener terbatas waktuku. Mau nulis, dapat sedikit udah disuruh tidur. Mau nulis, istirahat selesai. Soalnya aku memang kalo udah nulis, nulis. Gak bakalan ngerjain yang lain. Mau gak dengerin guru, jadi apa aku nanti. Aku memang kalo udah ngelakuin yang aku suka pasti bakalan tenggelam banget, Konsentrasi penuh.

Kedua. Perarutan yang mengekang. Kamu tahu, peraturan di sana, bejibun banget. Gak karuan. Aku pasti resah banget kalo udah ada peraturan baru. Oke, i know, peraturan buat mengatur, memperbaiki seuautu yang tidak baik. Tapi entah, aku paling gak suka peraturan. Kalo aturan agama gak papa lah, sudah harus pasti ditaati. Tetapi kalo peraturan dari manusia, rasanya mengekang banget. I REALLY DONT LIKE RULE. Mengekang. Bebas enak toh.

Ketiga, Jarang pulang. Udah kayak berkelana aja. Rumahku memang terbilang jauh dan termasuk jarak jauh sedang. Gak kayak temanku yang lain, mudah buat pulang ke rumah. tapi aku gak. Aku mesti mikir beribu-ribu kali buat pulang.

Keempat. Less time for holiday. 6 hari full day, jarang pulang pagi, jarang free class, 1 hari libur. Rasanya libur udah kayak nemu berlian aja, seneng banget. Pasti dimanfaatkan buat tidur. Tetapi , kalo udah libur rasanya cepet banget.

Kelima, Semua berbagi. Ini nih yang bikin barang sering hilang. Entah, udah berapa barang yang ilang sejak aku di pondok.

Keenam. Mudah sakit. Tubuh kita memang kurang terawat kalo di asrama, makan ya makan aja. Minum ya minum aja. Makan pake sendok temen, piring temen. Mandi bekas temen. Asal masih hidup aja, itu prinsipnya. Mangkannya itu penyebab sering sakit. Jujur, mungkin udah banyak banget uang yang orang tua keluarin buat biaya pengobatanku. Pertama, mimisan. Kedua, batuk pilek gak berhenti-henti. Ketiga, demam. Keempat, keputihan. Yang terakhir ini, sepele tak nyiksa. Obatnya lebih mahal juga. Bikin gak nyaman.

Ketujuh, Jadi Panda. Kantung mata tambah ngembang. Perut tambah buncit *abaikan. Tidur jam 11, bangun jam setengah empat. Bayangin cuma empat setengah jam tidurnya. Kadang kurang, bisa cuma tiga jam. Tapi ditambah juga sih waktu nyolong tidur di kelas, waktu kegiatan. Sering banget pas pelajaran, sholat, ngaji, eh tidur, bukan ketiduran tapi.

***
Semua memang pasti ada plus sama minusnya. Let it flow. Jalani saja.
Semoga saja, ini cobaan jadi aku bisa semakin giat buat menulis dan menulis. Mungkin buat dua tahun kedepan bakalan jarang nulis, tapi mungkin habis sekolah ini jalanku di kepenulisan diberi kelancaran sehingga bisa mencapai kesuksesan. Amiin.

Comments

Popular posts from this blog

Thanks to you

Thanks to you, My ex-boyfriend. Hi, long time no see. Long time no hear your voice. Long time no communication after you broke up our relationship. Dulu aku tidak pernah menyangka, jika seseorang yang kutemui pertamakali (pertemuan yang pertamakali kusadari) di Lab. Biologi satu tahun yang lalu, akan menjadi orang yang sangat berarti dalam hidupku. Sejak aku pertama menyukaimu. Sejak aku pertama berkenalan denganmu. Sejak kau pertama memutuskan aku. Kejadian-kejadian yang kulalui bersamamu sangatlah berharga sejak awal kita bertemu. Kau memberikanku arti bagaimana mencintai seseorang? Bagaimana rasanya disakiti oleh seseorang yang kita sayang? Bagaimana rasnaya menyanyangi seseorang? Bagaimana rasa ditinggalkan seseorang? Bagaimana rasanya dicintai oleh seseorang? Dan masih banyak lagi pelajaran kehidupan, terutama cinta yang kau ajarkan padaku tanpa kau sadari. Dan itu semua sangatlah berarti bagi kehidupanku selanjutnya. Thank you so much to you, My ex-boyfriend. Lalu saat

11 - 11 - 2012

    Sehabis  kejadian yang aku nangis  itu aku sama temenku rame-rame ke bangku dibawah pepohonan yang sebelahnya tempat sampah (?) denah sekolahku pokonya gitu dah, terus online bareng pake wifi gratisan sekolah. Karena waktu itu COBRA (nama kelasku) lagi panas-panasnya gara-gara temenku yang muka tebal (baca : gak punya malu) itu buat masalah sama aku, jadinya isi statusnya pada meso semua ke anak-muka-tebal itu. Waktu lagi online bareng, aku ngeluarin kamera yang emang sengaja tak bawa, langsung aja tuh kamera dipenjem buat foto-fotoan. Nih hasil fotonya : Nih yang paling depan namanya Ray , yang cewek rambutnya pendek (kanan) itu Resi yang kerudungan itu aku dan cowok yang di sebelahku itu namanya Panca . :D Suasana sekolahku sepi, soalnya udah pada pulang semua, terus yang dipojok itu namanya Arum Hasil fotonya si Ray .

Renungan Setelah Maghrib

Suatu sore, setelah adzan maghrib, aku berbuka bersama temanku Kita membahas berbagai macam hal Hingga salahsatu temanku histeris bahwa pengumuman lolos screening LKMM TD keluar.  Diantara tiga orang yang ikut, hanya aku yang gagal Aku merasa senang sama sedih sekaligus Senang karena bebanku berkurang satu diantara bermacam kegiatan yang aku ambil Sedih karena merasa gagal, dan kurang kompeten aja Terus ada temanku yang aktif banget seh pas screening, dia gak lolos. Aku gak tau dari sudut pandang apa dinilai pas screening. Bagiku ini pembelajaran. Kegagalan. Gak papa.  Kemarin aku gagal lolos masuk tim Barunastra, sekarang LKMM TD.  Aku hanya yakin, setiap orang punya jatah sukses, jatah rezeki masing-masing.  Mungkin usahaku juga kurang atau ini memang bukan jalan yang baik bukan aku. Aku berpikir jatah rezeki orang itu beda-beda.  Allah itu bakal memberi takaran yang sesuai dengan rencananya dan usaha kita. Sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha.  Hasil itu All