Skip to main content

Bali Beach

Bali. Kata orang Bali itu adalah sebuah pulau. Okey, i know all people all around the world know that Bali is one of big island in Indonesia.

So, first i went to Bali at around 1 AM by bus. Sewaktu sampai di Ketapang sekitar jam 'gak tahu' (Efek gak liat jam sama gak punya jam), pokoknya masih gelap, kayak sekitar jam 3. Saat itu, aku kedua kalinya memakai jaket varsity yang baru aku beli. Terus waktu aku keluar dari bus, jujur ya, pelabuhan waktu malam hari intu indah banget. Anginnya maish seger gara-gara masih pagi, terus suasananya gak terlalu rame jadi enak aja. Waktu aku mau lewat jembatan buat naik kapal, ternyata jembatannya ditutup gara-gara 'gak tau'. Jadinya, aku lewat jalan yang dilewati kendaraan. Okey, honestly, that's my third time i been a passenger in big ship after long time a go. AAA!!! I'm EXCITED!! VERY EXCITED!!! Waktu lagi jalan, aku kan ada di belakangnya ibuku. Waktu itu aku pinginnya sama atau ngedahuluin ibuku. Waktu aku lari ngedahuluin ibuku, ternyata di belakangku ada bus yang mau masuk ke kapal. SHIT!! I'm almost died at the moment. Untung aja aku langsung minggir and GOTCHA!! I'm in the beside of him, my crush (Just my crush). Terus habis itu, aku masuk ke kapal lewat tangga. Sampe' disana, aku duduk sendiri di  tengah sambil nonton TV, tetapi telingaku, aku sumpel pake' headset yang mainkan lagu. Waktu asik dengerin lagu + nonton TV, tiba-tiba ada orang yang nepuk bahuku pake buku. Karena waktu itu, aku pake' headset, jadinya aku cuma ngeliat mereka ngomong tetapi gak ngerti mereka ngomong apa. Pokoknya 2 kali, mereka nepuk bahuku. Anjir, cowok murahan -_-. Terus beberapa menit kemudian, ayahku datang. Ayahku ngajak aku buat keluar dari kapal. Waktu aku keluar, aku langsung ke tepi kapal, terus ngeliat pemandangan. Terus, biar aku keliatan eksis, aku ngefoto pemandangan itu, terus rencananya mau tak upload di Instagram.
First Photo (GOD! WHY MY PHONE CAMERA IS So BAD?!)

Beberapa menit kemudian, aku ngeliat ada orang yang naik ke atas. Aku yang ngeliatnya, jadi pingin naik juga. Akhirnya aku pun naik juga sendirian. Waktu sampai di atas kapal, anginnya kenceng banget, tapi pemandangannya bagus banget. Pemandangan laut terindah yang pernah aku lihat. Terus aku berdiri di pinggir. AA! Sumpah keren banget! Sehabis itu, aku ngambil foto untuk kedua kalinya. Lah foto yang kedua inilah, yang aku upload di instagram.
Second Photo (BETTER BUT STILL BAD)

Waktu aku ngambil foto kedua itu, aku memang benar-benar merasa takjub banget sama pemandangan saat itu. Coba aja bayangkan, nikmatin pagi dari atas kapal yang di atas kapal walaupun gak ngelihat matahari terbit, Ya, seenggaknya bisa melihat perubahan awan dari gelap ke cerah. That's so beautiful, maybe that were the beautiful morning ever i had.

Setelah sampai, aku langsung masuk ke bus. Waktu aku sudah duduk, aku melihat laki-laki asik memakai kamera SLRnya. Jadi pingin T.T Pasti seru banget kalo jalan-jalan ke Bali sendirian sambil foto-foto gak jelas. I hope that will be come true.

***

Sehabis nyampe di hotel, terus makan siang, aku langsung berangkat lagi 'maunya' ke Uluwatu, tapi karena jalannya macet banget, jadinya ke pantai Pandawa. Waktu pertamakali masuk, kan lewat tebing-tebing itu. Jujur, itu keren banget soalnya ada kayak patung ukiran tentang wayang-wayang gitu. Fix, keren banget pokoknya. Apalagi tempatnya juga gak ramai banget, jadi enak banget. Terus pemandangannya... UWAAAA, AWFUL! Perfect Beach!

Sehabis asik foto-foto, aku sama ayahku pergi ke pinggir pantai buat foto-foto lagi tapi gak jadi gara-gara aku yang kepingin naik perahu kano. That was my first experience.Waktu aku naik ke kano, ayahku yang ngedayung. Karena memang masih amatir dan labil banget, jadi ngedayungnya amburadul banget. Apalagi aku yang pertamakali naik begituan, langsung panik + histeris. Rasanya itu kayak diombang-ambing di atas laut, absurd banget dan bikin takut pokoknya. Dan, akhirnya main perahu kano itu selesai gara-gara aku sama ayahku yang semakin takut gara-gara ombaknya jadi makin ganas. Alhasil, celanaku jadi basah dan berat gara-gara main perahu kano. Ah!

Sehabis dari Pantai Pandawa, aku langsung menuju ke Krisna, tempat oleh-oleh. Padahal baru hari pertama, sudah ke tempat oleh-oleh -___-. Di sana, aku nemeni ibuku belanja walaupun dengan penampilan gak nyaman gara-gara celana basah. Setelah selesai, aku langsung ngajak ibuku ke tempat yang jual Pie susu, yang lagi booming banget saat ini, di dekat Krisna. Jujur waktu pertamakali aku ngeliat penampilan Pie susunya, kayak kurang menarik gitu. Aku sempet ngeraguin buat beli itu, tapi akhirnya beli juga. And you know, waktu sudah sampe' Jember, aku ngerasai Pie susunya itu. Rasanya luar biasa enak banget, bener-bener enak banget, malah lebih enak daripada Pie susu yang lain. I'm sure about that!

Setelah selesai beli Pie susu, aku kembali ke depan Krisna buat nunggu bus datang. Aku sama ibuku makan kacang rebus, lalu ayahku makan jagung bakar. Waktu ibuku ngebuang kulit kacangnya, ibuku ngebuang di pot bunga. Sh*t, bikin malu aja di depan orang banyak. Untung aja waktu itu malam jadi gak terlalu kelihatan. Setelah menunggu lama, ternyata busnya nunggu di depan jalan raya. Aku langsung menuju kesana, terus duduk di pinggir jalan. Biasanya aku gak PD kalau harus duduk di pinggir jalan, tetapi karena ini di Bali dan pastinya gak ada yang ngenalin wajahku, jadinya aku PD aja. wkwkwkwk XD. Setelah nunggu beberapa lama, akhirnya busnya dateng dan aku langsung naik. Setelah semuanya sudah naik ke bus, busnya langsung melanjutkan perjalanan menuju hotel.

Second Day.
       Hari kedua, aku pertama bangun dari tidurku terus mandi. Waktu mandi aku kelamaan jadinya ibuku gak jadi mandi dulu, tapi makan dulu. Ash, bener-bener, walaupun bukan di rumah sendiri, mandinya masih lama -_-.
       Jadi sehabis makan, aku langsung berangkat ke Nyoman. Tempat belanja gitu. Belanja lagi-belanja lagi. Waktu belanja di sana itu, aku ngajak ayahku buat naik ke lantai 2. Lah ternyata di sana ada lukisan-lukisan gitu. akhirnya aku milih salahsatu yang gambarnya hamparan bunga warnaya biru. Plus, ayahku beli yang bunga.and you know, sampai sekarang itu lukisannya samasekali belum di pasang, padahal udah 1 bulan lebih.
     Sehabis dari Nyoman, aku langsung ke BBC. Bali '....' Centre. Waktu pertamakali sampe di sana, sepi banget. Terus aku juga keinget sama rekreasi kelas 9 yang lalu, soalnya kayaknya BBC itu pernah dikunjungi sama kelas 9 yang lalu dan lalu. Bener gak, sih? ._.
     Waktu sampe' di depan gerbang masuknya, aku langsung disambut sama tari ....., gak tahu lupa namanya, tapi kayaknya emang gak tahu, bukan lupa Di sana itu kayak sebuah desa khas Bali. Waktu di sana, ditampilkan macem-macem tarian khas Bali 'yang aku gak tahu namanya'. Oh, ya, selama tur di sana, aku jalan paling depan sendiri di belakangnya guide tournya.
Right : My father. Center : i dunno. Left : lost boy wkwk xD

sorry for blur photo

I'M LOOKED VERY FAT!!

Sehabis dari BBC, aku langsung ke Ulu Watu. Sebelumnya, aku searching dulu Uluwatu itu apa, setelah lihat-lihat di gambarnya tak kira itu tebing, dan cuma tebing gitu.Tetapi waktu sesampai di sana, malah beda sama perkiraan dan bayanganku. Ternyata di sana, emang ada tebingnya tapi di bawah tebing itu ada laut, dan waktu itu aku berdiri tepat di atas tebing. Isn't it amazing, right?
       Di Uluwatu, aku nyempetin jalan-jalan di jalan di pinggir tebing itu. Pinginnya bisa sampe di pucuk tebing, tapi gara-gara sudah capek, jadi cuma sampe setengahnya atau cuma seperempatnya.
Add caption

foto kayak gini bener-bener naruhin hidup dan mati.

Sehabis foto-foto gak jelas gitu, akhirnya aku masuk ke tempat semacam theater buat nonton Tari Kecak. Pertama sampe di sana, aku langsung kagum soalnya kalau kataku tempatnya ini kayak theater di Yunani yang berada di atas gunung terus menghadap ke pemandangan di bawahnya. Lah kalo di sini, theaternya di atas tebing terus menghadap ke laut. Terus di sana ya, berasa banget bukan di INDONESIA. I feel like i'm walked in another country in the world. Kenapa aku bisa ngomong gitu? Soalnya di sini itu banyak banget turis mancanegaranya, malah kayaknya turis lokalnya lebih sedikit.
       Waktu masuk ke tempat itu, aku langsung milih di barisan ke 2. Biar lebih jelas ngelihatnya. Sebelumnya, waktu di bus aku sempat berdoa kalau aku pingin bisa kenalan atau bisa berbicara sama 'dia', dan itu akhirnya tercapai! Ya, soalnya dia kan gak dapet tempat duduk di depan jadinya dia duduk di barisan ke dua, di sebelahku. OUH! How lucky i am!

Jujur aja selama nonton itu, aku berusaha nyari topik pembicaraan sama ngumpulin keberanian, tetapi semua gagal total bahkan sampai pentasnya selesai. Terus waktu keluar dari tempat itu, aku sempat pingin ngobrol sama dia tapi gak jadi. Aku bener-bener mengutuk keberanianku yang ciut ini.
       Third Day = Last Day.
       Honestly i felt so sad because that was my last day had holiday in Bali. Awal hari, di bus aku wifi-an dulu sebelum trip terakhir di Bali. Aku nonton videonya EXO. Selama perjalanan, aku hanya tidur. Tidur semalam walaupun sudah lama, dan (sedikit) berkualitas, aku pingin nyimpan energiku buat trip nanti.Tujuan pertama Joger. Waktu diceritakan detail tentang Joger itu, aku merasa sudah excited banget dan penasaran dengan Joger itu seperti apa. Waktu pertamakali sampai di sana, aku terkagum melihat tempat itu dipenuhi berbagai macam hasil kekreatifan seseorang. That was so amazing.Waktu mau masuk, aku harus melewati semacam scanner yang ada di bandara-bandara gitu. Itu keren. Aku sempet deg-degan soalnya itu pertamakalinya dan aku takut kedeteksi apa gitu.Setelah akhirnya aku lolos, aku langsung menuju ke tempat kaos dan mencari kaos yang aku idamkan sendirian. Di sana rame banget, padahal masih pagi.
       Waktu aku sudah nemu kaosnya, aku ngasihkan itu ke ibuku yang lagi ngantri. Terus aku masuk ke tempat aksesoris. Di sana, aku lihat-lihat stiker yang akhirnya membeli 3 macam stiker yang menurutku punya kata-kata yang unik. Tapi, yang buat bayar stiker itu aku gak ngantri, aku titipkan itu ke teman sekolahku yang ternyata ikut juga ke Bali.
       Sehabis dari Joger, aku langsung OTW ke Tanah Lot. Tujuan terakhir sebelum pulang. Dalam perjalanan aku cuacanya sudah mendung, tapi aku berharap gak bakalan hujan.
       Sesampainya di Tanah Lot, aku langsung menuju ke pantainya. Tetapi sebelum itu, aku beli payung dulu buat jaga-jaga kalo hujan. Ternyata setelah memasuki gerbang masuknya, dan melewati pasar-pasar itu, ternyata hujan turun, dan aku langsung memakai payungnya itu. very useful.
       Sesampai di pantai, aku gak jalan-jalan. aku berteduh di semacam bangunan gitu. Tetapi beberapa menit kemudian, hujan agak reda dan aku memutuskan beerjalan-jalan. Pinginnya foto-foto, tapi hujan jadinya gak jadi. Ternyata ya, Tanah Lot di saat hujan kayak gitu, bener-bener keren. Kesannya wild karena ombaknya itu bergulung-gulung cepat menghantam karam. Itu pertamakalinya memandang lautan di saat sedang hujan.
amazing, i think

ignore ma face please
       Setelah asik jalan-jalan, aku menuju ke bus lagi. Tetapi, sebelum itu aku ke mushola buat sholat. Setelah sholat, aku ke bus buat makan siang. Waktu busnya sudah mau berangkat, ternyata ban busnya bocor, dan harus diganti. Kalo enggak, ya pasti gak bisa pulang. Semua penumpangnya yang ada di dalam bus pun turun. Aku turun juga, dan cuma ngelihat sekitar. Aku ngelihat di belakangku ada bus sekolahan gitu, sepertinya SMA. Aku jadi ingat rekreasi Mei nanti bersama teman sekolahku ke Bali lagi.
       Setelah  bannya sudah diganti, aku langsung naik lagi ke busnya dan menyalakan lagu seraya busnya berjalan menuju Gilimanuk buat nyebrang.
       Sesampainya di Gilimanuk yang ternyata awannya sudah gelap, buat masuk ke kapal ternyata masih mengantri. Beda banget sama waktu berangkatnya. Setelah menunggu sekitar 1 jam, akhirnya busnya bisa naik ke kapal. Di dalam kapal, aku pinginnya keluar, tetapi sama orangtuaku gak boleh. Jadi aku di dalam sambil nonton video yang diputar sama pihak kapalnya. Waktu itu pas lagunya emang nyesek banget. Aku sudah gak kuat, jadi akhirnya aku keluar dan (sepertinya) merenung di luar. Sambil melihat pemandangan laut yang gelap. Tenang banget.
       Sesampainnya kapalnya di Ketapang, aku langsung menuju bus lagi, dan pulang. Selama perjalanan, aku merasa menyesal dan sedih banget. Pertama karena aku sudah meninggalkan kenangan indahku di sana. Kedua, karena aku sudah terlambat buat berteman dengannya. Fix, that was so pityful.

Popular posts from this blog

Thanks to you

Thanks to you, My ex-boyfriend. Hi, long time no see. Long time no hear your voice. Long time no communication after you broke up our relationship. Dulu aku tidak pernah menyangka, jika seseorang yang kutemui pertamakali (pertemuan yang pertamakali kusadari) di Lab. Biologi satu tahun yang lalu, akan menjadi orang yang sangat berarti dalam hidupku. Sejak aku pertama menyukaimu. Sejak aku pertama berkenalan denganmu. Sejak kau pertama memutuskan aku. Kejadian-kejadian yang kulalui bersamamu sangatlah berharga sejak awal kita bertemu. Kau memberikanku arti bagaimana mencintai seseorang? Bagaimana rasanya disakiti oleh seseorang yang kita sayang? Bagaimana rasnaya menyanyangi seseorang? Bagaimana rasa ditinggalkan seseorang? Bagaimana rasanya dicintai oleh seseorang? Dan masih banyak lagi pelajaran kehidupan, terutama cinta yang kau ajarkan padaku tanpa kau sadari. Dan itu semua sangatlah berarti bagi kehidupanku selanjutnya. Thank you so much to you, My ex-boyfriend. Lalu saat

11 - 11 - 2012

Sehabis  kejadian yang aku nangis  itu aku sama temenku rame-rame ke bangku dibawah pepohonan yang sebelahnya tempat sampah (?) denah sekolahku pokonya gitu dah, terus online bareng pake wifi gratisan sekolah. Karena waktu itu COBRA (nama kelasku) lagi panas-panasnya gara-gara temenku yang muka tebal (baca : gak punya malu) itu buat masalah sama aku, jadinya isi statusnya pada meso semua ke anak-muka-tebal itu. Waktu lagi online bareng, aku ngeluarin kamera yang emang sengaja tak bawa, langsung aja tuh kamera dipenjem buat foto-fotoan. Nih hasil fotonya : Nih yang paling depan namanya Ray , yang cewek rambutnya pendek (kanan) itu Resi yang kerudungan itu aku dan cowok yang di sebelahku itu namanya Panca . :D Suasana sekolahku sepi, soalnya udah pada pulang semua, terus yang dipojok itu namanya Arum Hasil fotonya si Ray .

Renungan Setelah Maghrib

Suatu sore, setelah adzan maghrib, aku berbuka bersama temanku Kita membahas berbagai macam hal Hingga salahsatu temanku histeris bahwa pengumuman lolos screening LKMM TD keluar.  Diantara tiga orang yang ikut, hanya aku yang gagal Aku merasa senang sama sedih sekaligus Senang karena bebanku berkurang satu diantara bermacam kegiatan yang aku ambil Sedih karena merasa gagal, dan kurang kompeten aja Terus ada temanku yang aktif banget seh pas screening, dia gak lolos. Aku gak tau dari sudut pandang apa dinilai pas screening. Bagiku ini pembelajaran. Kegagalan. Gak papa.  Kemarin aku gagal lolos masuk tim Barunastra, sekarang LKMM TD.  Aku hanya yakin, setiap orang punya jatah sukses, jatah rezeki masing-masing.  Mungkin usahaku juga kurang atau ini memang bukan jalan yang baik bukan aku. Aku berpikir jatah rezeki orang itu beda-beda.  Allah itu bakal memberi takaran yang sesuai dengan rencananya dan usaha kita. Sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha.  Hasil itu All